Thursday , March 28 2024

Cara Memperbaiki Windows 10 Yang Stuck Di Mode Pesawat atau Airplane

Komputer windows 10 Anda terjebak secara permanen dalam mode pesawat? Jika benar, maka artikel ini sangat tepat untuk anda kunjungi. Kami akan membantu dengan membagikan sebuah cara agar kondisi komputer anda bisa kembali pulih dan mendapatkan konektivitas. 

Apabila windows 10 anda stuck di mode pesawat atau airplane mode, maka tidak dapat terhubung kejaringan nirkabel mana pun, semua konektivitas yang ada di PC anda akan terhenti termasuk wifi, blutooth dan seluler.

Situasi seperti ini memang menyebalkan, karena anda tidak dapat lagi terhubung ke internet, tenang saja Kendro Tech akan membagikan sebuah pemecahan masalah agar PC anda kembali normal dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini. 

LANGKAH-LANGKAH MEMPERBAIKI WINDOWS 10 TERJEBAK DI AIRPLANE MODE

Mungkin kebanyakan dari anda menggunakan kabel ethernet untuk bisa menyambungkan ke internet, akan tetapi anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memperbaikinya. Berikut langkah-langkah memperbaiki windows 10 yang stuck di mode pesawat atau Airplane.

1. Matikan Airplane Mode

Langkah utama yang harus kalian lakukan adalah coba dengan mematikan PC anda atau restart terlebih dahulu, biasanya cara ini akan memperbaiki semua masalah yang terjadi. Apabila sudah di restart tetapi belum ada hasilnya, periksalah apakah anda sudah melakukan semua cara untuk mematikan airplane mode. 

2. Atur dengan Tombol Airplane Mode di Action Center

Langkah kedua ini adalah langkah yang paling umum dan banyak digunakan untuk menonaktifkan airplane mode. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah cari ikon dialog di sudut paling kanan bawah layar, kemudian klik untuk membuka Action Center, lalu pilih Airplane Mode. Apabila tombol Airplane di sorot dengan warna orange berarti tombol Airplane diaktifkan, cukup anda klik untuk menonaktifkannya.

3. Gunakan Tombol Fn pada Keyboard

Apabila langkah sebelumnya belum berhasil pada PC anda, coba lakukan langkah berikut. Tekan tombol Fn dan pilih icon seperti gelombang radio yang ada pada keyboard anda. Jika langkah ini berhasil, maka notifikasi akan muncul di sudut kiri atas layar monitor yang memberitahukan bahwa mode airplane sudah mati serta wifi dan konektivitas yang lainnya segera dipulihkan. 

4. Matikan Windows Airplane Mode Melalui Pengaturan Windows

Untuk menonaktfikan mode pesawat melalui pengaturan windows, anda cukup pergi ke menu Start atau Setting -> Network & Internet. Kemudian pilih Airplane Mode, lalu dipanel kanan terdapat tombol ON/OFF, pindahkan ke “OFF” untuk mematikan mode pesawat.

Jika langkah ke-empat ini belum berhasil coba langkah selanjutnya untuk memperbaiki windows anda.

5. Reset Ulang Jaringan

Pada windows 10 memiliki fitur reset ulang jaringan dengan cara yang cukup mudah sehingga dapat membantu anda menyelesaikan masalah pada jaringan nirkabel dengan mengatur ulang ke default.

Akan tetapi, harus anda ketahui apabila anda melakukan reset jaringan, maka semua pengaturan jarigan akan terhapus. Hal ini berarti anda harus mengatur ulang kata sandi semua jaringan nirkabel anda. 

Berikut langkah untuk mereset jaringan, anda cukup membuka Setting -> Network & Internet, setelah itu anda pilih Network Reset yang ada di panel kanan. Pada tampilan berikutnya anda akan dimimta untuk konfirmasi, klik Reset Now. Periksa kembali setelah Restart apakah Airplane Mode sudah kembali pulih.

6. Gunakan Flushing Chace DNS

Sebagian pengguna windows dapat menyelesaikan masalah Airplane Mode dengan Flushing Chache DNS. Langkah yang harus anda lakukan adalah buka command prompt dan pilih cmd yang ada pada menu start, klik kanan kemudian pilih Run as Admnistartor. Berikut ini langkah -langkahnya: 

  • Buka CMD dengan menekan tombol Windows + R pada Keyboad
  • Kemudian jalankan perintah “ipconfig /flushdns”
  • Lanjutkan dengan menjalankan perintah “ipconfig /flushdns” lalu “ipconfig /renew”, terakhir kita perlu register DNS dengan menjalankan perintah “ipconfig /registerdns”

Pastikan semua perintah diatas berjalan dengan baik, karna akan muncul pesan “Successfully“. Setelah itu, keluar dari command prompt dan lihat hasilnya, apakah sudah memperbaiki masalah Anda? 

Baca Juga: 6 Fungsi Tombol Scroll Pada Mouse yang Jarang Diketahui Orang

PENUTUPAN

Bagaimana apakah langkah-langkah diatas sudah menjadi solusi bagi Anda semua dalam menyelesaikan masalah Windows 10 yang stuck di Airplane Mode yang terjadi pada PC Anda?  Hal ini memang kadang membuat kesal diri sendiri, karena menggaggu aktivitas anda. Semoga dari langkah-langkah diatas dapat membantu Anda semua. Apabila langkah ditas tidak bekerja pada PC yang anda gunakan, mungkin windows Anda memiliki masalah yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *