Macam – macam Layanan Internet Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Macam – macam Layanan Internet Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Saat ini internet termasuk kedalam bagian penting dalam kebutuhan sehari-hari. Melihat perkembangannya yang sangat pesat, dari generasi ke generasi terus meningkat. Semua orang menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan nya masing-masing. Dengan adanya internet pun masyarakat menjadi lebih mudah dalam mencari informasi serta menyelesaikan pekerjaannya. 

Bukan lagi barang mewah, internet sekarang mudah di akses dimana-mana dengan harga yang cukup murah dan banyak juga yang menyediakan layanan internet gratis. Adanya layanan internet di dunia ini memang sangat membantu masyarakat. 

Internet tidak hanya memiliki satu jenis layanan, namun banyak dari internet yang menyediakan layanan untuk kebutuhan masyarakat, apa saja layanan internet? tepat di artikel kali ini Proplko membagikan macam-macam layanan internet beserta penjelasan dan juga fungsinya.

MACAM – MACAM LAYANAN INTERNET

Layanan yang ada di internet membuat masyarakat sangat terbantu, seperti e-mail, e-commerce, e-learning dan masih banyak lagi. Layanan tersebut dapat membuat kita mudah mengakses informasi baik dari segi pekerjaan, kebutuhan maupun pendidikan.

Berikut penjelasan mengenai macam-macam layanan internet beserta fungsinya. 

1. E-mail

Electronic Mail yang biasanya disebut dengan e-mail ini merupakan layanan internet yang cukup penting untuk memberikan sebuah informasi berbentuk surat elektronik. E-mail adalah layanan internet yang pertama ada di dunia. E-mail sendiri memiliki banyak fungsi, tidak hanya untuk bertukar pesan atau informasi, melainkan untuk verifikasi data, daftar akun dan masih banyak lagi. 

Contoh layanan e-mail gratis yang sudah ada sejak dahulu seperti, yahoo, gmail, outlook dan lainnya.

2. E-Commerce

E-Commerce merupakan layanan internet yang menjadi populer pada saat ini, proses jual beli online yang dilakukan secara elektronik. Adanya e-commerce ini adalah untuk keperluan ekonomi. Menggunakan e-commerce juga sangat membantu masyarakat untuk membeli kebutuhan secara online, apabila Anda memiliki kesibukan lain, Anda hanya cukup checkout melalui smarphone Anda untuk membeli kebutuhan yang Anda perlukan. 

Contoh e-commerce yang ada di Indonesia diantaranya Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak hingga yang lainnya. 

3. E-Banking 

E-banking atau Electronic Banking adalah sebuah layanan internet yang disediakan oleh pihak Bank untuk proses pembayaran/transfer secara realtime. Saat ini, hampir semua Bank yang ada di Indonesia menyediakan layanan e-banking untuk nasabah. Menggunakan e-banking menjadi lebih efisien dalam bertransaksi, Anda hanya perlu memiliki aplikasi e-banking pada smarphone Anda yang sesuai dengan bank yang Anda gunakan. Proses bertransaksi pun menjadi lebih mudah, dimana saja dan kapan saja.

4. E-Learning

E-learning atau electronic learning merupakan sistem yang disediakan untuk pembelajaran jarak jauh, yang mana baik siswa dan guru/dosen tidak bertatap muka secara langsung melainkan secara online dan internet sebagai perantaranya. Penggunaan e-learning pada saat ini sudah banyak digunakan pada sekolah dan juga kampus. 

Ada juga website e-learning yang ada di Indonesia bersifat umum, seperti Ruangguru, Quipper dan masih banyak lagi.

5. E-Goverment

E-Goverment adalah sebuah layanan internet yang digunakan untuk pemerintahan kepada masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tentunya dengan menggunakan e-goverment menjadi lebih mudah untuk masyarakat yang ingin mengirim berkas, hanya dengan me-upload saja pada e-goverment tersebut.

Diharapkan dengan adanya e-goverment membuat pelayanan publik menjadi lebih cepat dan efisien, sudah banyak instansi pemerintahan yang menerapkan e-goverment. 

6. Milist 

Milist (Mailing List) ialah sebuah layanan internet yang berfungsi sebagai forum diskusi bagi komunitas ataupun organisasi. Biasanya milist digunakan untuk grup kantor yang melakukan pembahasan terkait pekerjaan. Setiap anggota yang bergabung pada milist diperbolehkan untuk berhenti berlangganan. 

7. IRC 

IRC (Internet Relay Chat) atau biasa dikenal dengan layanan chating, merupakan sebuah teknologi yang mana setiap orang bisa berinteraksi dengan jarak jauh atau lokasi yang berbeda-beda. Pada IRC ini Anda bisa menambah relasi baru dengan berkenalan dengan banyak orang melalui video call yang ada pada IRC. 

8. VOIP 

VOIP (Voice Over Internet Protocol) adalah sebuah layanan panggilan telepon secara gratis tanpa biaya. Anda hanya perlu menggunakan koneksi internet untuk saling terhubung. Layanan ini banyak digunakan secara cuma-cuma, seperti VOIP Rakyat yang bisa Anda gunakan secara gratis.

9. World Wide Web

World Wide Web atau WWW merupakan layanan internet yang digunakan sebagai kumpulan sumber daya internet yang berupa teks, gambar, video dan juga hyperlink yang dapat diakses di berbagai lokasi. Selain itu WWW juga memudahkan search engine untuk menemukan kata kunci yang spesifik. Pada layanan internet WWW berfungsi untuk web mail service yang mana pengguna dapat mengirim, menerima dan juga mengecek e-mail melalui browser.

10. Chatting

Layanan internet chatting saat ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat untuk saling berkomunikasi antar pengguna. Pada aplikasi chating kali ini tidak hanya berupa teks, melainkan panggilan suara, gambar dan juga video. Aplikasi chating yang populer saat ini adalah whatsapp, telegram, line, facebook messenger dan masih banyak lagi. 

Baca Juga : Cara Mengirim Email Terjadwal secara Otomatis

AKHIR KATA

Itulah pembahasan mengenai macam-macam layanan internet dan juga fungsinya. Bila ada layanan internet yang lainnya silahkan komentar dibawah ini.

2 Comments

  1. Membuat taman bunga ialah dambaan setiap pecinta alam dan keindahan. Taman bunga adalah tempat di mana keindahan alam berkumpul dalam harmoni yang mempesona. Dengan berbagai macam jenis bunga yang mekar dalam beragam warna dan aroma, taman bunga menjadi surga kecil yang mengundang mata dan hati untuk mengatakan wow. Dalam taman bunga, kita dapat menyaksikan paduan sempurna antara warna-warni bunga, hijaunya daun, dan kesegaran alam yang membawa kedamaian dan kegembiraan. Taman bunga adalah tempat di mana kita bisa melepaskan diri dari hiruk-pikuk dunia dan membiarkan diri kita tenggelam dalam keindahan yang tak tergantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *