Thursday , April 11 2024

Kelebihan dan Kekurangan Bootstrap

Saat ini kebanyakan pengembang website menggunakan Bootstrap yang khusus digunakan untuk pengembangan front-end pada sebuah website. Mungkin banyak dari anda yang belum terlalu mengenal apa itu Bootstrap, Botstrap sendiri merupakan sebuah framework CSS yang dipakai oleh banyak developer dalam proses pembuatan front-end website. Bootstrap hadir diciptakan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton dari Twitter pada tahun 2011, maka dari itu Twitter merupakan aplikasi media sosial yang menjadi salah satu platform yang meggunakan Bootstrap. 

Mengapa Menggunakan Bootstrap? 

Ada banyak kemudahan yang didapat jika menggunakan Bootstrap, selain dapat mempercepat pengerjaan dalam pembuatan front-end website, Bootstrap juga memiliki banyak tampilan yang menarik dan juga resposive. Tampilan yang ringan serta dilengkapi dengan CSS, HTML dan JavaScript. Tidak heran lagi mengapa para developer di luar sana banyak yang menggunakan Bootstrap untuk mempercantik tampilan website mereka. Mudah dan praktis adalah keunggulan yang dimiliki oleh Bootstrap. 

Bootstrap telah menjadi framework yang cukup populer dikalangan developer, karena keunggulannya yang mudah dan cepat maka menjadi pilihan mereka dalam membangun sebuah website. Namun, jika anda yang masih pemula tidak disarankan mengambil pilihan Bootstrap untuk pengembangan website karena agar tidak memperlambat proses belajar coding anda. 

Nah, tidak hanya keistimewaannya saja yang didapat dari Bootstrap, melainkan terdapat kekurangan dari setiap sistem yang diciptakan. Salah satu kelemahan yang ada pada Bootstrap ialah hanya bisa menampilkan pada perangkat yang sesuai saja, Bootstrap tidak bisa menampilkan tampilan website yang sama pada semua browser. Sangat disayangkan bukan? 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEMPLATE BOOTSTRAP

Pada artikel kali ini, Kendro Tech akan membagikan sebuah poin penting yang terdapat pada Bootstrap, yaitu Kelebihan dan Kekuranganya. Yuk simak lebih lanjut penjelasan dibawah ini, apa saja sih yang bisa kita dapatkan jika memakai Bootstrap dan apa saja kelemahan maupun kekurangan yang ada pada Bootstrap tersebut. 

KELEBIHAN BOOTSTRAP

Berikut beberapa poin tentang kelebihan Bootsrap, antara lain :

1. Memudahkan Proses Pembuatan front-end Pada Website

Para pengembang website diluar sana banyak menggunakan template Bootstrap agar mempercepat proses pengerjaan mereka dalam pengembangan front-end website. Dengan menggunakan Bootstrap dapat meminimalisir waktu dan juga praktis. Terdapat elemen class yang bisa langsung digunakan dan bisa diubah sesuai dengan kebutuhan website anda. 

2. Baik untuk Pemula

Bagi anda yang baru terjun pada dunia pemrograman, mungkin anda sedang mempelajari dasar-dasar pemrograman web yakni HTML, CSS dan JavaScript. Walaupun anda baru memahami dasar-dasarnya saja, anda sudah bisa menggunakan Bootstrap untuk website yang anda buat, karena banyak elemen-elemen yang tersedia untuk langsung dipakai.

3. Bersifat Open Source

Bootstrap telah memiliki fasilitas yang sangat diuntungkan bagi para penggunanya, bersifat Open Source disini adalah anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli lisensi agar bisa menggunakan Bootstrap tersebut, malah sebaliknya, anda dapat menggunakannya secara gratis maka dapat lebih mudah serta praktis juga untuk anda yang membutuhkan template Bootstrap. 

4. Memiliki Tampilan Yang Menarik

Bootstrap kaya dengan berbagai desain tampilannya, desain yang menarik dan juga unik. Anda dapat memilih tampilan desain yang sesuai dengan kebutuhan website anda. Banyak pilihan sehingga anda atidak perlu pusing memikirkan desain untuk anda gunakan pada website. Tidak hanya tampilannya saja yang menarik, pastinya juga responsive.  

5. Selalu Diperbaharui

Framework yang satu ini rutin dalam setiap pembaharuannya, tidak hanya pembaharuan keselurahan saja yang dilakukan, namun jika ada fitur terbaru atau kemanan maka Bootstrap akan langsung me-updatenya, sehingga user akan lagsung mendapatkan versi terbarunya.
Itulah 5 poin penting yang bisa anda dapatkan jika menggunakan Bootstrap, tetapi perlu diketahui juga bahwa ada kelebihan pasti ada kekurangan. Mari kita bahas apa saja kekurangan yang ada pada Bootstrap, simak poin-poin dibawah ini.

KEKURANGAN TEMPLATE BOOTSTRAP

Apa saja sih kekurangan dari template Bootstrap ini? antara lain :

1. Elemen Yang Familiar

Bootstrap sendiri telah menyediakan cukup banyak elemen, namun sayangnya, elemen yang ada pada Bootstrap hampir semuanya sama dan banyak digunakan oleh developer lainnya. Sehingga bisa saja website anda sama dengan yang lain, walaupun tidak disengaja. Tetapi penggunaan elemen bisa saja di ubah oleh anda, namun tidak kebanyakan orang mampu mengubahnya, mungkin karena terlalu fokus pada coding sehingga minimnya kemampuan dalam mendesain template Bootstrap. 

2. Masih Belum Mampu Menampilkan Website Yang Sama di Seluruh Browser

Bootstrap masih belum mampu untuk menampilkan tampilan yang sama pada seluruh browser, sehingga hal ini lah yang menjadi kelemahan dari Bootstrap tersebut. Hanya pada beberapa browser saja yang dapat menampilkan tampilan yang sesuai dengan perangkat. Selain itu bootstrap juga dapat memperlambat website, dikarenakan didalamnya terdapat file CSS, JQuery dan juga JavaScript. 

3. Dapat Memperlambat Proses Belajar Bagi Pemula

Dengan menggunakan Bootstrap khususnya bagi pemula, maka akan membuat proses belajar coding menjadi terhambat. Disediakannya template yang mudah dan juga responsif maka membuat para pemula menjadi lebih suka menggunakan Bootstrap dibanding membangun webisite sendiri dengan coding. Namun jika anda sedang menekuni coding, maka Bootstrap bukan pilihan yang tepat. 

AKHIR KATA

Demikian telah kami jabarkan beberapa poin penting pada Bootstrap yang kami bagikan untuk anda semua. Bootstrap memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Gunakan Bootstrap sesuai dengan kebutuhan wesbite anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang framework Bootstrap. 

One comment

  1. Pingback: Program Mengecek Kata dan Kalimat Palindrom Menggunakan Python - PROPLKO GAME

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *