Thursday , July 25 2024

Cara Install GNS3 di Ubuntu Linux Lengkap dengan Mudah

GNS3 adalah software yang biasa digunakan untuk simulator jaringan, untuk beberapa orang GNS3 digunakan untuk belajar jaringan komputer. Pada kesempatan ini kita akan langsung memperaktekan bagaimana cara Instalasi GNS3 di Ubuntu Linux. Tentunya dengan menambahkan repository di Ubuntu Linux anda bisa langsung menginstall GNS3 dangen perintah instalasi, berikut ini langsung melalui Terminal.

Tetapi sebelum anda menginstall GNS3, install terlebih dahulu VirtualBox karna akan dibutuhkan nantinya sebagai simulasi jaringan yang akan diinstal dan di aplikasikan. Berikut ini adalah langkah-langkah instalasinya. 

Cara Instalasi GNS3 di Ubuntu Linux

Untuk pengguna Ubuntu silahkan buka terminal dengan menekan Ctrl + Alt + T pada keyboard anda untuk membuka Terminal secara otomatis, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. ketikan perintah “sudo su“perintah ini berguna untuk masuk ke user root, kemudian anda akan diminta password dari username Ubuntu anda. Silahkan masukan dan tekan Enter.
  2. Selanjutnya ketikan perintah “sudo add-apt-repository ppa:gns3/ppa” perintah ini berguna untuk menambahkan repo terbaru untuk instalasi GNS3
  3. Ketikan perintah “apt-get update” untuk mengupdate paket terbaru
  4. Terakhir jalankan perintah install GNS3 yaitu “sudo apt install gns3-gui gns3-server” lalu tekan y kemudian Enter.
  5. Tunggu hingga proses download selesai dan kemudian anda bisa membuka GNS3 langsung melalui daftar aplikasi di Ubuntu.

Jika anda mengalami masalah saat instalasi GNS3 kemungkinan karna internet yang tidak lancar, atau beberapa support yang tidak dapat mendukung aplikasi ini terinstall. Jalankan perintah berikut ini jika masih gagal, melalui terminal:

  • sudo dpkg –add-architecture i386
  • sudo apt update
  • sudo apt install gns3-iou

Itulah cara Install GNS3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *